Hobiku, Bisnisku

Menjalankan bisnis selalu dimulai dari adanya proses identifikasi peluang bisnis. Proses identifikasi peluang bisnis bukan perkara yang mudah tapi juga bukan perkara yang sulit. Biasanya proses identifikasi peluang bisnis membutuhkan waktu dan perhatian yang lumayan lama. Prosesnya bisa berupa diskusi sama temen, merenung, berjalan-jalan ke pasar, studi banding, membaca majalah/koran dan sebagainya. Jadi, akan butuh waktu dan biaya yang tidak sedikit. Itupun tidak semua peluang usaha akan bisa diimplementasikan (setelah dilakukan analisa sebelumny), dengan begitu apakah kita rugi melakukan proses yang lama itu tadi ? Tentu hal tersebut tidak sia-sia karena bisa jadi kita akan lebih dewasa dengan proses tersebut. Adakah proses identifikasi peluang usaha yang lebih singkat, murah dan cepat ??? Jawabannya ; Tentu ada.

Hobiku dan bisnisku dimaksudkan untuk menjadikan hobi yang dimiliki sebagai wahana untuk mendapatkan penghasilan. Penghasilan yang ada bisa bersifat penghasilan sampingan maupun penghasilan yang tetap. Apakah sangat mungkin menjadikan hobi sebagai bisnis ??? Jawabannya : sangat mungkin sekali. Pada dasarnya, hobi adalah pengetahuan yang kita miliki dimana pengetahuan tersebut sudah bukan bersifat teoritis lagi melainkan sudah bersifat operasional karena sudah dilakukan berulang kali.

Disebutkan di dalam Wikipedia, Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris "Hobby". Tujuan hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatakan kesenangan . Terdapat berbagai macam jenis hobi seperti mengumpulan sesuatu (Koleksi), membuat, memperbaiki, bermain dan pendidikan dewasa.

Disebutkan di dalam http://bisnisislami.wordpress.com bahwa dalam kamus bahasa Indonesia, bisnis diartikan sebagai usaha dagang , usaha komersial di dunia perdagangan, dan bidang usaha.

Terkait dengan bisnis, tujuan hobi bukan lagi mencari kesenangan melainkan juga untuk mencari (tambahan) penghasilan. Manfaat menjadikan hobi sebagai wahana mencari penghasilan : Dunia bisnis merupakan dunia yang menantang dan penuh ketidakpastian, sehingga orang yang berusaha masuk di dalamnya akan sedikit banyak mengalami tekanan. Rasa tekanan itu muncul karena berhasil tidaknya bisnis sangat ditentukan oleh sikap dan usaha yang dilakukan oleh diri sendiri. Rasa tekanan ini akan lebih terasa di awal bisnis dirintis. Harus kerja lembur, merencanakan pemasaran sendiri, mengetik rencana sendiri, menyapu dan membersihkan kantor sendiri dan kalo rugi ditanggung sendiri !!!. Rasa tekanan tersebut akan terkurangi jika bisnis yang kita pilih adalah sesuatu yang sudah menjadi HOBI. Seandainya kita merugi ketika menjadikan hobi kita jadi bisnis, kita tidak akan merasa terlalu shock dan bisa jadi kita malah mempunyai semangat bangkit yang lebih kuat

Trus cara menjadikan hobi jadi bisnis bagaimana ???. Tentu tidaklah semudah membalikkan tangan, tetap ada usaha yang kita lakukan. Usaha yang perlu dilakukan antara lain :
1. bangun komunikasi dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama. saat ini banyak media yang bisa dipakai untuk membangun jaringan semisal facebook, twitter dan sebagainya
2. ajaklah diskusi bagaimana hobi kita bisa menjadi layak jual.
3. tawarkan hobi kita pada orang lain, semisal kita punya hobi memelihara burung, karena hobi, tentu kita sangat tahu berbagai macam jenis burung dan cara memeliharanya. Peluang bisnis yang bisa kita turunkan dari hobi kita bisa sangat banyak seperti mengadakan pelatihan cara memelihara burung, memproduksi burung dalam skala banyak dan trus menjualnya dll

Apakah hobi itu bakat ??? ketika mendengar bakat, kita seringkali trus merasa menyerah karena bakat selalui kita asosiasikan dengan apa yang kita fikirkan dan kerjakan pada saat ini. Bakat adalah potensi yang kita miliki karena Anugerah dari Allah, karena baru bersifat potensi maka bakat belum tentu menjelma menjadi sesuatu yang bisa kita lihat. Bakat bisa menjelma dan berkembang sangat dipengaruhi oleh lingkungan kita. Oleh karenanya, kita harus banyak berinteraksi dan berkomunikasi dengan banyak orang supaya dengan sendirinya bakat itu muncul menjadi sesuatu yang nyata. Jadi, hobi itu bisa lahir dari bakat kita dan bakat kita akan muncul jika kita berada pada lingkungan yang tepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memaknai Tahun Baru